Skip to main content

10 Tips Laptop Gaming Terbaik dan Berkualitas

Bagi seorang anak muda jaman sekarang laptop adalah sebuah perangkat komputer yang mungkin saja bisa di gunakan untuk sekolah ataupun main game , nah kali ini hal hal yang harus di perhatikan saat membeli laptop di sebuah toko ataupun pusat perbelanjaan sebuah elektronik , mungkin ini hal hal yang perlu di perhatikan saat anda atau anak anda ingin membeli laptop sesuai kebutuhan atau budget ini yang perlu di perhatikan .

1. Prosesor

tips-beli-laptop-gaming-1
Prosesor adalah otak dari sebuah laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, tentu performa dari laptop gaming tersebut akan semain baik. Laptop gaming saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu Intel maupun AMD.
Jika kamu adalah salah satu pemain game berat dengan durasi panjang, lebih baik kamu memilih sebuah laptop yang menggunakan prosesor Intel. Karena prosesor ini terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas.
Pada laptop gaming dengan prosesor Intel, pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ ataupun HQ (contoh: i7-6700HQ). Jangan paksa prosesor lable U untuk digunakan bermain game, karena prosesor berlabel U biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja.
Minimal prosesor Intel yang dibutuhkan dari laptop gaming adalah Intel Core i5, yang disarankan Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD yang disarankan adalah A10 dan FX Series.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik.

2. VGA

tips-beli-laptop-gaming-2
VGA (Video Graphic Adapater / kartu grafis / graphic card) adalah salah satu bagian terpenting dalam memilih sebuah laptop gaming berkualitas.
VGA mempengaruhi tampilan dan kualitas game pada saat kita mainkan. Karena game saat ini biasanya memiliki tampilan yang 'Wah'.
Minimun VGA yang dibutuhkan dalam laptop gaming adalah Nvidia GT840. Disarankan memilih Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970 atau GTX980.
Sedangkan untuk VGA AMD, kamu bisa mencoba R7 230 ke atas atau R9 Series.

3. RAM

tips-beli-laptop-gaming-3
RAM (Random Access Memory) juga menjadi salah satu bagian penting dalam memilih laptop gaming. Pastikan kamu membeli laptop gaming yang memiliki RAM di atas 4GB.
Selain itu pastikan juga laptop gaming tersebut menyediakan sebuah slot RAM tambahan, hal ini bertujuan agar kamu mudah untuk melakukan upgrade RAM saat dirasa kurang.
Jenis RAM yang digunakan DDR3, akan lebih baik jika menggunakan RAM DDR4. Game-game berat saat ini seperti GTAV, MAD MAX, Watch Dog, dll, membutuhkan paling tidak RAM 8GB agar bisa berjalan dengan baik.

4. Media Penyimpanan

tips-beli-laptop-gaming-4
Ada dua media penyimpanan pada sebuah laptop, yaitu SSD dan HDD. Pada laptop gaming, lebih baik kamu pilih yang memiliki HDD minimal 1TB (1000 GB). Pasalnya game saat ini akan memakan banyak storage saat di-install.
Beberapa laptop gaming terbaru saat ini menyediakan slot untuk menambah HDD agar penyimpanannya bisa ditambah, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih laptop gaming.
Perlu kamu ketahui, jika kamu membeli sebuah laptop gaming yang memiliki SSD, jangan pernah install game ke SSD. SSD biasanya memiliki kapasitas terbatas, gunakan SSD hanya untuk menyimpan operasi sistem.
Beberbeda urusannya jika kapasitas SSD kamu besar (500GB++), kamu boleh menaruh game di dalamnya.

5. Baterai

tips-beli-laptop-gaming-5
Daya tahan baterai pada laptop gaming sering menjadi masalah bagi banyak pengguna. Karena laptop gaming berkualitas menggunakan spesifikasi tinggi dan kinerja yang cukup berat. Kebanyakan baterainya tidak bisa bertahan lebih dari 2 jam saat sedang bermain game.
Meski kamu memilih laptop gaming dengan baterai besar, tetap saja kamu akan merasa boros saat menggunakannya sambil bermain game.
Baterai laptop saat ini juga dibedakan menjadi dua, removable (bisa dilepas) dan non-removable(tidak bisa dilepas).
Lebih baik kamu membeli laptop dengan baterai yang mudah dilepas, agar mudah menggantinya saat baterai sudah rusak.

6. Resolusi Layar


Resolusi layar minimal yang dibutuhkan untuk memilih sebuah laptop gaming adalah FHD 1920x1080. Sedangkan untuk ukuran layarnya minimal 15.6 inch, jika ingin lebih baik kamu bisa pakai 17.3 inci.
Semakin besarnya resolusi layar dan ukuran layar tentu bermain game akan menjadi lebih maksimal, hal ini juga berhubungan dengan kualitas VGA yang digunakan.

7. Keyboard

Keyboard akan menjadi bagian yang sering digunakan saat bermain game di laptop gaming, kecuali jika kamu menggunakan keyboard eksternal. Keyboard laptop gaming saat ini sudah dilengkapi backlight, hal ini mempermudah para gamers menekan keyboard saat keadaan gelap.
Patikan kamu juga memilih laptop gaming yang memiliki Numpad untuk memudahkan pengetikan angka-angka secara cepat.

8. Port


Port juga hal-hal yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum membeli laptop gaming. Beberapa port yang mungkin dibutuhkan para gamers adalah USB 3.0, HDMI / Mini Display Port.
Pastikan laptop gaming yang ingin kamu beli memiliki setidaknya 3 Port USB 3.0 untuk menghubungkan beragam perangkat lain ke Laptop.

9. Operasi Sistem

tips-beli-laptop-gaming-11
Laptop gaming saat ini biasanya sudah disematkan sebuah operasi sistem Windows di dalamnya, baik itu Windows 8 ataupun Windows 10 64Bit. Jika kamu tidak memiliki banyak budget, kamu bisa membeli sebuah laptop gaming yang tidak memiliki operasi sistem.

10. Harga

tips-beli-laptop-gaming-13
Terakhir adalah harga. Untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas, tentu harga yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Laptop gaming terbaik bisa kamu beli dengan harga mulai dari 10 jutaan.
Jika kamu rajin mencari, kamu mungkin akan mendapatkan laptop gaming dengan harga murah. Beberapa contoh laptop gaming dari berbagai vendor:
  • Acer: Predator
  • Asus: Republic of Gamers
  • Dell: Alienware
  • HP: Omen
  • Lenovo: Y Series
  • MSI: Gaming G Series
  • Xenom: Phoenix, Shiva, Pegasus, Siren, Hercules

Comments

Popular posts from this blog

GUIDE CARA MEMBUKA AVATAR PUBG MOBILE YANG TERKUNCI!

Avatar atau foto profil adalah suatu hal yang wajib ada di dalam sebuah game. Pemain bisa mengganti avatar mereka sesuka hatinya. Di  PUBG Mobile , kamu juga bisa mengganti avatar sesuai dengan yang kamu mau lho! Namun, Avatar yang ada di  PUBG Mobile  harus kamu buka dengan menjalankan misi yang diberikannya. Hari ini  G CUBE  akan memberitahu kalian cara membuka Avatar  PUBG Mobile  yang terkunci! Yuk Simak Artikel dibawah ini! ^^ Avatar yang Ada di PUBG Mobile dan Cara Membukanya Ada  19 avatar  yang bisa kamu buka di PUBG Mobile ini. Berikut adalah listnya: Social Network Jika kamu login menggunakan  Facebook  atau  Twitter , biasanya Avatar ini akan langsung terbuka. Tetapi jika kamu  log in  dan bermain menggunakan " Guest ", kamu tetap bisa menghubungkan akun  Facebook  dan  Twitter mu. Dengan cara membuka setting, lalu di bagian atas kanan ada " Linked Account " dengan logo  Facebook  dan  Twitter . Pilih salah satu sosial med

Solusi [your graphics card driver is outdated,we recommend you to update it first ] Nox App Player

Kita akan membahas tentang Masalah yang terjadi Di Nox App Player yaitu biasanya  Lag (Lemot),Patah-Patah,Graphics tidak mendukung , Biasanya ini terjadi saat anda memulai menginstall nox app player dan masalah yang paling terjadi muncul tulisan  " your graphics card driver is outdated,we recommend you to update it first ."  Nah itu lah yang paling sering dialami oleh semuanya error muncul seperti tidak support dengan VGA anda dengan itu saya akan membahasnya di sini cara mengatasinya untuk anda yang ingin memainkannya. Jika anda mengalami masalah ini saat saat pertama kalinya anda menjalankan Nox App, Ini lah beberapa solusi yang mungkin dapat membantu anda : Aktifkan VT di PC anda >  Baca Disini Sesuaikan CPU & RAM di PC anda untuk mendukung menjalankan Nox App Klik Setting Bergambar gerigi Isi Berapa Kinerja Yang Ingin Di Pakai Nox (Dengan Angka) "Jangan Di Pakai Semuanya" Update Graphics Card Anda, Saya Rekomendasikan Dengan Ini  Dri

Cara pasang plugin di Photoshop Portabel

Bagaimana  Cara pasang plugin di Photoshop Portabel , jika kita pasang langsung di photoshop installan maka secara otomatis  plugin  akan masuk ke Menu Filter. Tapi bagaimana dengan photoshop portabel. Oke kali ini saya akan share cara menambahkan plugin di photoshop portabel. 1. Pada tahapan awal saya anggap anda sudah melakukan penginstalan plugin dan mempunyai photoshop portable. Lihatlah ke Menu Filter, terlihat pada gambar plugin belum terpasang, dalam kasus ini saya akan menambahkan plugin dari Nik.   Sekarang lihat menu Edit-Preferences-Plug-Ins  2. Pada Pilihan disebelah kiri, pilihlah Plugin, tekan tombol Choose, Cari lah folder Plugin Nik, biasanya ada di folder program file. Pilih dan OK, Jika ingin semua plugin di pasang maka yang dipilih adalah drive C.. Jika sudah di OK, close photoshop Portable tadi, dan buka kembali maka Plugin Nik Sudah terpasang di menu Filter.. Mudahkan Cara pasang plugin di Photoshop Portabel. Selamat Mencoba.